Senin, 22 Agustus 2016

7 Souvenir Terbaik Khas Denpasar



Tak hanya kerajinan perak rupanya yang terkenal cantik nan apik. Namun, Bali ternyata juga memiliki kerajinan dari manik-manik yang beraneka ragam dan tidak kalah menarik. Dengan mengandalkan kreatifitas, warga Bali lantas mampu membuat berbagai macam aksesori yang terbuat dari manik-manik. Di antaranya yakni seperti gelang dan kalung.

Bukanlah rahasia lagi bila Indonesia kaya akan keanekaragaman pulau, budaya, suku, bahasa, dan lain sebagainya. Karena hal inilah, tak jarang turis asing dan juga lokal berbondong-bondong mengunjungi satu tempat untuk berwisata dan mengistirahatkan diri dari segala rutinitas yang memuakkan.

Salah satu daerah yang sudah tidak asing lagi bila bagi kita ialah kala mendengar bagaimana pulau Dewata menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan. Sebab, tak hanya keindahan alam yang disuguhkan, namun Bali  juga menyajikan berbagai tawaran menarik lainnya yang membuat wisatawan tak sanggup menolak.

Denpasar sebagai ibukota merupakan salah satu tempat yang memikat hati para wisatawan, baik asing maupun lokal, sehingga mereka kerap merasa sayang bila tidak berkunjung serta menghabiskan liburan di sana. Ada begitu banyak pilihan untuk berlibur yang sukses menjerat hati para turis sehingga betah dan enggan beranjak setiap kali berkunjung ke Denpasar.

Salah satu dari semua yang ditawarkan tentunya tak melupakan souvenir sebagai tanda mata sekaligus oleh-oleh saat pulang. Sayang rasanya bila kita bertandang kemudian tak membawa salah satu di antaranya untuk mengenang bahwa kita pernah mengunjungi Bali saat liburan. Di bawah ini, ada 7 souvenir terbaik di Denpasar yang bisa dijadikan pilihan untuk dibawa pulang.

1. Kerajinan Perak Celuk


Dikenal dengan nama daerah penghasil kerajinan perak terbaik di pulau Dewata semenjak tahun 1976, Desa Celuk lantas kian dikenal para wisatawan lokal dan mancanegara. Kerajinan perak khas tempat ini begitu beragam, mulai dari bentuk hingga jenisnya. Biasanya, jenis yang ditawarkan yakni berupa patung, perhiasan, sampai dengan sendok dan garpu.

Masuk sebagai 7 souvenir terbaik di Denpasar, rupanya kerajinan perak ini tak perlu jauh-jauh kita cari hingga ke Desa Celuk. Sebab, kerajinan perak ini juga bisa kita dapatkan di berbagai pasar seni serta pusat oleh-oleh yang tersebar di Bali dan salah satunya di Denpasar.

2. Kerajinan Manik-manik Bali


Tak hanya kerajinan perak rupanya yang terkenal cantik nan apik. Namun, Bali ternyata juga memiliki kerajinan dari manik-manik yang beraneka ragam dan tidak kalah menarik. Dengan mengandalkan kreatifitas, warga Bali lantas mampu membuat berbagai macam aksesori yang terbuat dari manik-manik. Di antaranya yakni seperti gelang dan kalung.

Dan tidak hanya itu saja. Manik-manik yang biasanya ditawarkan ini juga tersedia dalam bentuk tas kecil atau pouch yang lucu dan cantik, sehingga selain menjadi cindera mata bisa juga dijadikan hadiah manis untuk kerabat ataupun sahabat. Salah satu oleh-oleh yang masuk dalam 7 souvenir terbaik di Denpasar ini bisa Anda temukan di banyak toko souvenir di ibukota Bali.

3. Batik Bali


Batik merupakan salah satu dari 7 souvenir terbaik di Denpasar. Sebab, tidak hanya Yogyakarta ataupun Pekalongan saja yang boleh berbangga hati dan menyombongkan batik. Bali nyatanya juga mempunyai batik yang khas dan bisa melengkapi koleksi saat berkunjung dan membawa satu di antaranya untuk pulang. Meskipun asalnya berada di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, akan tetapi batik Bali dapat kita dapatkan di berbagai toko di daerah Denpasar.

Namun, bagi yang ingin melihat proses pembuatan dan belajar membatik, maka bisa berkunjung langsung ke Desa Batubulan. Kita akan disuguhkan berbagai macam cara dari proses pembuatan kain, bagaimana cara membatik, hingga melihat beragam corak dan warna dari batik-batik khas Bali.

4. Kopi Luwak Bali


Seduhan kopi yang berasal dari sisa kotoran musang kelapa ini menjadi salah satu 7 souvenir terbaik di Denpasar yang bisa kita dapatkan dan nikmati untuk dibawa pulang. Kopi jenis ini terkenal di dunia karena cita rasa serta kenikmatannya.

Meskipun berasal dari hewan yang kerap menjadi tersangka dalam kasus hilangnya ayam pada satu perkampungan penduduk, namun rupanya musang gemar memakan buah-buahan dan salah satunya adalah buah kopi.

Karena itulah, biji dari pencernaan yang dikeluarkan oleh luwak pun merupakan biji kopi pilihan atau biji kopi luwak.

5. Pie Susu


Siapa yang tidak mengenal pie susu khas Bali? Sebagai salah satu dari 7 souvenir terbaik di Denpasar, makanan ini selalu menempati oleh-oleh wajib beli yang dibawa pulang oleh para turis, baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

Pie yang menjadi oleh-oleh andalan pulau Dewata ini memiliki bentuk yang bulat ceper dan pinggirannya keras serta garing. Fla susu di tengahnya terasa creamy serta legit, sehingga makanan ini memiliki perpaduan rasa yang enggan kita lupakan bila sudah sekali mencobanya.

Pada umumnya, pie susu ini dikenal dengan rasa original, namun seiring berjalan waktu, semakin banyak topping baru yang bisa kita coba seperti keju, kismis, almond, serta choco chips. Kita bisa menemukan pie susu ini di berbagai pusat oleh-oleh khas Bali di Denpasar, sebab ada banyak sekali rupanya produsen pie susu yang aktif memproduksi di Bali. Dan walau berbagai merk dijajakan, semua jenis pie susu tetap terasa enak dan layak dibeli.

6. Kacang Disko Bali


Souvenir yang termasuk dalam 7 souvenir terbaik di Denpasar tentunya bukan terdiri dari pernak-pernik saja. Makanan juga rupanya cocok dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh bagi orang di rumah. Salah satu diantara jenis makanan ringan yang bisa dibawa dan diberikan ke sahabat maupun kerabat yakni kacang disko Bali.

Kacang yang terbuat dari kacang tanah ini digoreng kering setelah dibalut dengan adonan tepung dan juga bumbu. Cita rasanya yang khas serta garing dan renyah begitu dimakan ini membuat para wisatawan ingin berbagi dengan sahabat dan juga kerabat sehingga membelinya sebagai oleh-oleh.

Ada berbagai macam rasa ditawarkan kacang disko ini, mulai dari yang manis, kemudian pedas-manis, udang, dan juga barbeque. Kacang disko ini dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-olah di kota Denpasar, sehingga kita tak perlu takut tak sempat membelinya atau bahkan tak kebagian.

7. Pia Legong


Souvenir terakhir yang masuk ke dalam daftar 7 souvenir terbaik di Denpasar ialah makanan yang wajib dijadikan oleh-oleh sebelum pulang ke kampung halaman. Ternyata, tak hanya Yogyakarta saya yang terkenal dengan oleh-oleh jenis ini, namun Bali juga punya satu. Pia Legong namanya.

Dengan memiliki ciri khas di bagian kemasan yakni penari Legong, pia ini menjadi buruan yang paling dicari oleh para wisatawan. Cara membuatnya tanpa mesin dan ada dalam jumlah terbatas di setiap satu kotak untuk menjaga kualitas rasanya. Biasanya, pia legong ini ditawarkan dalam tiga varian rasa sehingga kita dibuat puas kala mencicipinya. Rasa yang dijajakan antara lain yakni cokelat, kacang hijau, dan juga keju.

Untuk membeli pia ini, kita cukup datang saja ke toko yang ada. Hanya saja, karena produksinya terhitung dibatasi atau tak dalam jumlah yang banyak, ada baiknya kita melakukan pemesanan lewat telepon terlebih dulu.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon