Rabu, 26 Oktober 2016

5 Tempat Wisata Terkenal Di Kota Bangli Yang Wajib Untuk Dikunjungi



Punya keinginan untuk berwisata alam? Jika benar, jangan pernah lupakan untuk berkunjung di tempat wisata terkenal di Kota Bangli ini.

Bangli sendiri merupakan sebuah kota yang ada di pulau dewata. Lokasinya berada di sebelah timut laut kota Denpasar yang punya iklim sejuk.

Tempat wisata di Bangli sendiri didominasi oleh dataran tinggi. Ini menandakan jika tempat wisata yang bakal ditemukan di sini adalah wisata yang berhubungan dengan alam.

Oleh karenanya, jika Anda mau liburan spesial dengan menikmati keindahan alam selain pantai, tidak salah bila Anda berencana untuk melakukan kunjungan di tempat wisata di kota bangli.

Ada banyak sekali obyek wisata menarik di sini, dan Anda bisa melakukan banyak hal sesuai hobi Anda. Mau tahu? Simak 5 tempat wisata populer di bangli yang bisa Anda kunjungi di bawah ini!

Obyek Wisata Panglipuran

desa-penglipuranObyek wisata yang menarik untuk dikunjungi selama di bangli adalah desa panglipuran. Desa ini dijadikan sebagai wisata edukasi, yang berarti ada nilai moral yang diajarkan di tempat ini.

Mengenai gambaran besar desa panglipuran ini, desa ini sangatlah unik. Penataan ruang di desa ini mencirikan kekhasan desa, contohnya adalah angkul-angkul yang terdapat pada gerbangnya.

Selain itu, adat istiadat di desa ini masih dipegang erat oleh penduduknya. Contohnya adalah setiap laki-laki yang ada di desa ini tidak boleh melakukan poligami, atau hanya diperbolehkan memiliki satu istri saja.

Apabila peraturan ini dilanggar, laki-laki tersebut akan dikucilkan, bahkan diasingkan ke tempat lainnya yang dinammakan dengan Karang Memadu.

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh pelancong di desa panglipuran ini? Tenang saja, wisatawan bisa menjelajahi tentang keindahan desa.

Yakni melihat keindahan penataan desa yang ciamik, mulai dari rumah adat, sampai pemanfaatan lahan yang sangat baik. Yang paling penting, keindahan alam di tempat ini sangat baik karena didukung dengan kebersihannya.

Selain menjelajah desa, jangan lupa untuk mencicipi minuman khas desa panglipuran. Namanya adalah loloh cemceman yang rasanya agak pedas dan asam.

Dan untuk memperoleh momen paling menarik, datanglah di desa ini saat hari raya galungan. Karena di sini, wisatawan bisa melihat banyak rumah dihiasi dengan cantiknya.

Obyek Wisata Gunung Batur

gunung-baturObyek wisata populer di bangli selanjutnya berada di kintamani, yakni gunung batur. Gunung ini masih asri, dan masih aktif. Gunung ini berada di atas ketinggian 1500 meter dari permukaan laut.

Mengenai kegiatan yang bisa dilakukan pelancong adalah menjelajah gunung (trekking) untuk menemukan spot paling menarik.

Dan untuk mendapatkan view gunung batur yang jauh lebih baik, pelancong bisa lihat dari desa panelokan. Dari desa ini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam dari gunung sekaligus danau batur.

Tak hanya itu saja, wisatawan juga bisa mengunjungi tempat bersejarah dengan mudah. Yakni dengan mengunjungi pura ulundanu yang letaknya berada di lembah gunung batur.

Obyek Wisata Air Terjun Dusun Kuning

air-terjun-dusun-kuningObyek wisata bangli yang juga tidak boleh dilewatkan adalah air terjun dusun kuning. Obyek wisata ini juga menawarkan keasrian tempat sehingga wisatawan bisa mendapatkan suasana yang lebih segar.

Dikatakan sebagai air terjun kuning, bukan berarti jika warna airnya menguning, melainkan air terjun ini berada di dusun kuning, Bangli.

Kondisi alamnya masih sangat asri, bisa dilihat dari airnya yang begitu bening dan dingin, kemudian masih banyaknya pepohonan tinggi menjulang di area tersebut.

Untuk air terjunnya sendiri, tingginya sekitar 25 meter. Bersumber dari pegunungan yang tampak terlihat dari atas tebing.

Anda yang berada di sini tidak akan pernah menyesal, karena selain menyajikan panorama yang indah, suasananya semakin menyegarkan karena dibalut dengan iklim yang lebih sejuk.

Lalu apa yang bisa dilakukan di air terjun dusun kuning ini? Kegiatan yang bisa dilakukan tentunya bermain air, tapi jangan sampai berenang karena derasanya air dari ketinggian 25 meter cukup berbahaya.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan kegiatan ekstrem seperti rafting. Pasalnya, kondisi alamnya sangat mendukung.

Tapi perlu diingat, ajaklah orang yang ahli rafting jika ingin melakukannya. Karena keselamatan perlu diprioritaskan selain menikmati aktifitas tersebut.

Destinasi Desa Trunyan

desa-trunyanSalah satu destinasi terkenal di bangli lainnya adalah desa trunyan. Desa ini menjadi tempat tinggal penduduk asli bali yakni Age. Yang bisa dilihat di sini adalah makam-makam yang unik.

Dikatakan unik, karena makamnya diletakkan pada pepohonan. Dan ini mencirikan proses pemakaman yang ada di desa trunyan.

Jika biasanya orang meninggal dibakar dalam tradisi bali ngaben, maka di tempat ini mayat tidak dibakar. Melainkan mayat hanya diletakkan pada keranda, dan biasanya ditaruh di bawah pepohonan saja.

Obyek Wisata Toyo Bungkah

toyo-bungkahSetelah mengunjungi obyek wisata alam di bangli seperti gunung batur, air terjun dusun kuning, jangan lupa pula untuk melakukan kunjungan di Toyo Bungkah.

Toyo Bungkah ini letaknya berada di desa batur, Bangli. Tepatnya berada di kaki gunung batur dan juga danau batur.

Obyek wisata di bangli ini paling banyak dikunjungi, dan dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan fikiran. Atau dijadikan sebagai tempat singgah sementara setelah berkunjung di gunung atau danau batur

Ya, obyek wisata ini berbentuk tempat pemandian air panas. Tempatnya sudah dibangun, dilengkapi dengan area untuk duduk-duduk yang berhadapan dengan pegunungan yang hijau.

Di pemandian air panas ini, Anda bisa berendam selama beberapa menit untuk merehatkan kaki atau tubuh yang lelah sehabis menjelajah area sekitar.

Tak hanya itu saja, Anda yang punya masalah penyakit, Anda bisa memanfaatkan pemandian air panas sebagai media penyembuh. Pasalnya, pemandian air panas ini dipercaya masyarakatnya sebagai tempat untuk penyembuhan penyakit, khususnya untuk penyakit kulit.

Untuk bisa sampai di sini, pastikan Anda mengunjungi desa Batur Bangli. Di tempat inilah Anda bisa mendapatkan banyak hal, mulai dari keindahan alam gunung batur, sampai danau dan juga pemandian air panas.

Tapi yang perlu diingat, rencanakan terlebih dahulu mau kemana terlebih dahulu untuk mengakomodir keseluruhan tempat wisata terkenal di Bangli ini.

Tak hanya itu saja, Anda juga perlu menyediakan dana yang cukup untuk mengantarkan ke tempat tujuan. Bahkan juga untuk digunakan untuk melakukan reservasi di berbagai penginapan.

Karena di bangli sendiri banyak berdiri tempat-tempat wisata alam menarik. Dan tidak mungkin bisa dikunjungi secara keseluruhan bila hanya dilakukan dalam satu hari. Oleh karenanya, pastikan punya waktu lebih banyak dengan dana yang cukup.

Jika Anda sudah mempersiapkan semuanya, tinggal Anda berangkat dengan orang-orang yang Anda sayangi untuk menikmati liburan di kota Bangli ini.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata terkenal di Kota Bangli yang bisa memberikan kesan segar setelah kembali ke rumah. Jadi, sudahkah Anda mengagendakan wisata di Bangli?



Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon