Minggu, 18 Februari 2018

5 Hal Menarik Tentang Nusa Penida Bali



Bagi kebanyakan orang, terutama orang Indonesia mungkin sudah sangat familiar dengan Bali. Surga wisata yang berjuluk Pulau Dewata ini memang sudah sangat terkenal dimana-mana. Bahkan di luar negeri, orang lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia. Bali memiliki banyak sekali spot wisata yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Seperti Nusa Penida contohnya. Apa itu Nusa Penida? Yuk simak beberapa fakta tentang Nusa Penida Bali di bawah ini.

Nusa Penida Bali

Mungkin belum banyak yang tau bahwa sebenarnya Nusa Penida itu berbeda dengan Bali. Nusa Penida adalah salah satu pulau yang ada di Provinsi Bali. Berjejer dengan pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Nusa Penida merupakan pulau terbesar diantara ketiga pulau itu. Seperti halnya Bali, Nusa Penida juga memiliki spot-spot wisata yang oke punya. Terutama wisata diving dan snorkeling. Nah, ingin tau lebih banyak tentang Nusa Penida? Yuk, stay tune.

1. Letak Geografis Nusa Penida

Nusa Penida masih termasuk sebuah kecamatan di wilayah Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Terdiri dari 41 desa yang kesemuanya bersatu membentuk komunitas cagar alam bagi spesies langka Bali. Pulau Nusa Penida dan Pulau Bali dipisahkan oleh selat Badung. Dimana wilayah Nusa Penida yang masih sangat alami, menjadikan spot wisata alam disini sangat memanjakan mata.  Terlebih wilayah daratan Nusa Penida yang merupakan perbukitan sehingga banyak spot pantai yang berupa tebing-tebing Indah. Udara di Nusa Penida masih segar, tidak sepanas Bali.

2. Pengelompokan Destinasi Wisata Di Nusa Penida

Karena Nusa Penida adalah sebuah kecamatan yang menempati satu pulau, maka disini dilakukan pengelompokan destinasi wisata untuk memudahkan para turis mengunjunginya. Semua destinasi wisata ini dikelompokkan menjadi tiga bagian. Yakni bagian barat, didominasi oleh wisata pantai seperti Broken Beach atau Pasih uug dan Angel’s Billabong yang sudah sangat terkenal. Bagian selatan didominasi oleh wisata air terjun seperti Temebeling Watersprings, Seganing Waterfal, dan Peguyangan Waterfall. Dan terakhir bagian Timur yang didominasi wisata bukit dan gunung seperti Bukit Teletubbies dan Rumah Pohon Batu Molenteng.

3. Sunset Nusa Penida Tak Kalah Dengan Sunset Di Bali

Sebagai pulau sudah sewajarnya jika Nusa Penida dikelilingi wilayah air dan memiliki pantai. Jika Anda memutuskan untuk menjelajah di destinasi wisata Nusa Penida bagian barat, jangan lupa untuk menghabiskan senja Anda di Crystal Bay. Senja dan matahari terbenam atau sunset disini sangat sayang untuk dilewatkan. Ditambah dengan suasana asri dan alami Nusa Penida yang tidak seperti Bali, dijamin senja sambil menikmati matahari terbenam disini akan menjadi sangat romantis.

4. Surga Diving Dan Snorkeling

Nusa Penida dengan pantai alaminya, lebih terkenal sebagi surganya wisata selam seperti diving dan snorkeling. Ekosistem bawah lautnya sama memikatnya seperti Bunaken dan Raja Ampat. Di kelompok destinasi wisata bagian timur, ada Raja Lima yang merupakan pantai dengan tebing-tebing karang yang menjulang seperti halnya Raja Ampat di Papua. Nusa Penida sendiri juga sangat terkenal dengan Manta dan ikan Mola-Mola atau Sun Fish. Nah, Anda bisa menikmati momen berenang bersama Manta atau melihat penampakan ikan Mola-Mola yang termasuk spesies ikan langka dari dekat.

5. Beberapa Kekurangan Nusa Penida

Nusa Penida sebenarnya sangat pas bagi Anda yang ingin mencari alternatif wisata yang tenang dan jauh dari keramaian namun masih bernuansa Bali. Nusa Penida memang sangat berbeda dengan Bali yang ramai dan padat. Disini sangat tenang dan alami. Seperti Ubud. Namun, karena tempatnya yang terpisah dari Pulau Bali itu sendiri, menjadikan pembangunan infrastruktur disini tidak secepat di Bali. Bahkan di beberapa wilayah di bagian barat pulau ini jalanannya masih hancur dan sangat sulit ditembus oleh kendaraan roda empat. Hal ini sangat disayangkan mengingat potensi wisata yang dapat mendatangkan mata pencaharian bagi penduduk sekitar sangat banyak sekali. Hal ini juga menjadikan jarak tempuh dari desa ke desa menjadi susah dan terasa jauh. Padahal desa-desa di Nusa Penida sudah tergabung menjadi cagar alam alami bagi spesies-spesies langka flora dan fauna di Bali.

Nah, bagaimana? Anda semakin tertarik untuk mengunjungi Nusa Penida. Demikian tadi serba serbi tentang Nusa Penida Bali yang akan membuat Anda semakin ingin mengunjunginya. Akses menuju Nusa Penida dari Bali cukup mudah dengan menggunakan fast boat dengan biaya per orang hanya 100.000 saja.


Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon