Rabu, 14 Februari 2018

Fasilitas Tempat Taman Tirta Gangga Karangasem Bali


Taman Tirta Gangga Karangasem Bali merupakan sebuah tempat yang berupa taman wisata yang terletak di Karangasem, Bali. Dulunya tempat ini adalah tempat persinggahan seorang Raja di Karangasem. Tirta Gangga di dominasi oleh 3 bangunan utama yang menjadi karakteristiknya, yaitu Kolam, Patung, dan juga Kebun. Kesemua bangunan tersebut memiliki makna tersendiri secara tersirat.

Sejarah dari tirta gangga pada awalnya mulanya di bangun oleh seorang Raja Karangasem, Anak Agung dari Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946. Nama “Tirta Gangga” ini berasal dari dua suku kata, yaitu Tirta dan Gangga. Tirta berarti air suci, dan Gangga adalah sebuah nama sungai di India. Sesuai dengan namanya, di taman wisata ini memang terdapat sebuah kolam yang berisi air suci di dalamnya.

Fasilitas Taman Tirta Gangga

Berikut ini spot ataupun wisata yang ada di taman tirta gangga antara lain.


1. Fasilitas Taman

Taman ini memiliki luas 1,2 hektar ini dibangun memanjang dari barat ke timur di area persawahan. Sedangkan kondisi di kawasan wisata Tirta Gangga sangatlah sejuk. Hal ini disebabkan oleh letaknya yang berada tepat di bawah kaki dari Gunung Agung, sebuah gunung tertinggi yang ada di Pulau Bali. Kesejukan serta keasriannya inilah yang membuat para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan betah.

2. Wisata Patung

Dari pertama kali memasuki pintu gerbang utama pada taman tirta gangga karangasem bali, wisatawan akan disambut oleh beberapa patung yang seolah olah berbaris layaknya barisan prajurit. Wisatawan dapat juga berjalan-jalan di atas kolam yang ada di taman, melalui jalan setapak yang terbuat dari batu batu yang disusun rapi berderet menyerupai jembatan. Jalan dari batu-batu yang disusun ini kebanyakan berbentuk segi enam. Selain dapat berjalan-jalan mengitari kolam sambil menikmati suasana sekitar, para wisatawan juga dapat berfoto foto baik selfie maupun pre-wedding.

3. Air Suci

Taman ini sudah mengalami beberapa kali renovasi yang di lakukan oleh pihak pemerintah setempat. Renovasi ini dilakukan karena sebelumnya taman ini sempat pernah rusak yang disebabkan oleh letusan dari Gunung Agung. Meskipun sudah mengalami beberapa kali proses renovasi yang dilakukan, Taman ini tidak kehilangan akan karakter khasnya sebagai bangunan tua peninggalan pada masa Kerajaan.

4. Fasilitas Pelayanan Restoran

Pelayanan yang ramah dengan harga menengah, itulah semboyan pelayanan yang ada di fasilitas taman tirta gangga. Cara mereka menampilkan makanan ditata dengan menarik, juga dengan rasa yang lumayan enak. Selain makanan khas pulau Bali disini terdapat juga makanan khas daerah lain, seperti misalnya rendang. Kekurangan dari restoran ini adalah waktu masak yang cukup memakan waktu, sehingga wisatawan yang memesan menunggu cukup lama.

5. Lahan Parkir Yang Luas

Sebelum anda memasuki kawasan wisata di taman tirta gangga ini, bagi anda yang menggunakan kendaraan, tak bingung-bingung untuk memarkirkan kendaraan anda. Karena di taman ini tersedia areal parkir kendaraan yang cukup luas.

6. Fasilitas Hotel

Bagi anda para wisatawan yang ingin menginap di dekat lokasi wisata ini, telah disediakan beberapa penginapan dengan variasi standar harga. Anda tinggal memilih penginapan ataupun hotel yang sesuai dengan selera anda. Dari pilihan banyak hotel sehingga bisa membuat anda merasa kerasan dengan penginapan hotel yang ada. Anda tinggal memutuskan pilihan pada hotel yang anda inginkan tanpa anda harus jauh-jauh ke tempat lain.

7. Fasilitas Pemandu Wisata

Taman tirta gangga ini juga menyediakan jasa pemandu wisata (tour guide). Para wisatawan juga dapat memanfaatkan jasa mereka untuk menemani selama berada di lokasi wisata taman gangga ini. Para tour guide ini siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik, dan akan menjelaskan secara detail dan juga rinci mengenai sejarah taman Tirta Gangga, tata letak bangunan, dan lain-lain.

8. Tempat Santai Yang Romantic

Dari semua tempat yang ada di taman tirta Gangga ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan suasana romantic dengan pasangan anda. Di semua sisi tempat yang ada menawarkan banyak sekali pesona yang membuat anda dan pasangan anda merasa lebih betah berlama-lama di tempat tersebut. Selain tempatnya yang romantic, juga suasananya mendukung lebih nyaman

Itulah fasilitas yang ada di Taman Tirta Gangga Karangasem Bali, yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat bagi anda yang berencana berlibur ke Bali, sebaiknya mengunjungi taman tirta gangga.


Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon