Sabtu, 10 Februari 2018

Wisata Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali


Bali menyimpan ribuan misteri keindahan di dalamnya. Para wisatawan datang secara bergantian untuk mengungkap misteri keindahan tersebut. Mereka datang dari dalam negeri maupun luar negeri. Bali juga sering digunakan sebagai tempat  pembuatan film baik dalam negeri maupun luar negeri. Berbagai keindahan alam turut mewarnai keragaman wisata di Pulau Dewata ini. Mulai dari pantai-pantai yang masyhur, seni dan kebudayaan setempat yang unik, aneka bentang alam yang indah dan lain sebagainya. Salah satu objek wisata alam yang diminati oleh para wisatawan di Bali adalah Air Terjun Tegenungan. Hampir semua daerah di Bali secara geografis mendukung terbentuknya air terjun, termasuk air terjun yang terletak di daerah Gianyar ini. Lebih lanjut mengenai air terjun ini akan kita bahas dalam tulisan berikut.

Seputar Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan wisata-wisata alam lainnya, yaitu:

Sejarah

Air terjun ini mulai dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 1989. Baru kemudian tempat ini dilirik oleh para wisatawan pada sekitar tahun 2000. Lumayan banyak pengunjung yang datang di kawasan wisata ini, baik dari turis mancanegara maupun turis domestik. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Meski tidak begitu tinggi, namun cukup bagi wisatawan yang hendak terjun dari atas air terjun. Namun pengunjung harus berhati-hati karena debit air di kawasan ini sangat deras. Bisa-bisa terbawa arus tersebut dan jatuh ke tempat yang tidak diinginkan. Aliran air terjun ini berasal dari Sungai Tukad Petanu. Airnya yang jernih, bersih dan bening menjadikan lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berwisata.

Lokasi

Air terjun tegenungan memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan menghijau di sekelilingnya. Air terjun in terletak di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Jarak antara daerah ini dengan Kota Denpasar adalah sekitar 16 km atau sekitar empat puluh lima menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Bila anda datang dari arah Sukawati atau Batuan, setelah bertemu Patung Bayi Sakah, ambil arah kanan (arah ke pusat Kota Gianyar). Setelah dari patung tersebut  anda akan menemukan perempatan dengan lampu lalu lintas pertama, ambil arah ke kanan, dan anda akan menemukan penanda jalan yang menunjukkan arah ke air terjun tersebut. Kurang lebih anda akan melewati area persawahan yang sejuk, dan di sebelah kiri jalan terdapat gapura menuju kawasan wisata tersebut. Perlu diketahui bahwa kawasan ini tidak terletak di wilayah terpencil, akan tetapi di tempat diantara banyak objek wisata.

Tiket Masuk

Agar bisa masuk ke kawasan wisata tersebut, anda harus mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp 5.000 untuk anak-anak, dan Rp 10.000 untuk orang dewasa. Harga ini tidak sebanding dengan keindahan alam yang akan anda nikmati nanti. Pemerintah juga turut menyediakan fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas, warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman, juga villa di sekitar air terjun. Kemudian, di dekat air terjun juga telah dibangun berbagai tempat pemandian. Pada pemandian tersebut, terdapat beberapa  pancuran dari mata air yang masih alami. Penduduk sekitar sering mandi dan mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari, biasanya pada waktu pagi dan sore hari. Dengan berbagai fasilitas tersebut, maka pengunjung dapat betah berlama-lama di kawasan tersebut.

Aktivitas-Aktivitas

Adapun Aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun tersebut antara lain duduk santai di atas batu sambil menikmati keindahan tempat tersebut, mendengar gemuruh air yang beterjunan, mandi dan berenang di air terjun tersebut, atau hanya bermain-main air dan berfoto-foto di sepanjang kawasan wisata tersebut. Untuk menguji adrenalin, anda bisa melompat dari atas air terjun dan meluncur menuju genangan air segar yang menanti di bawah. Perlu diketahui bahwa di kawasan air terjun ini tidak ada lifeguard yang biasa memantau dan mengawasi para wisatawan. Anda bebas melakukan apa saja di air terjun ini.

Demikian pembahasan seputar Air Terjun Tegenungan. Anda tertarik untuk mengunjungi objek wisata tersebut. Siapkan diri anda beserta keluarga dan kerabat untuk berwisata di Pulau Dewata khususnya di lokasi Air Terjun Tegenungan tersebut. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen terbaik di daerah wisata tersebut. Terakhir, semoga tulisan ini menginspirasi dan selamat berwisata di Bali.


Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon