Kamis, 12 April 2018

Fakta Unik Pantai Suluban Uluwatu Yang Memikat Para Wisatawan Domestik Dan Mancanegara


Berwisata ke pantai bagi sebagian orang tentunya mengharapkan suasana tenang memandang birunya air laut, namun sebagian orang akan merasa terganggu ditengah keramaian para pengunjung lain. Apabila kamu termasuk orang yang tidak suka keramaian di pantai, Pantai Suluban Uluwatu bisa jadi solusi terbaik bagi kamu. Berikut ini 7 Fakta Unik yang memikat para wisatawan Domestik dan Mancanegara.

Letak Geografis Pantai Suluban Uluwatu


Dari segi geografis jika kamu ingin berwisata ke Pantai Suluban Uluwatu, maka kamu harus sedikit berjuang untuk sampai di objek wisata berpasir putih itu. Hal itu dikarenakan pantai ini tidak terletak tepat di dekat jalan raya ataupun tempat parkir kendaraan umum. Namun untuk menghemat waktu kamu juga bisa menyewa motor untuk sampai lebih cepat serta bisa berhenti dimanapun untuk berfoto-foto karena kamu akan menemukan banyak spot yang menarik. Selain itu kamu harus menghemat tenaga karena masih ada rute yang harus ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Perjuangan Dan Antrean Menuju Pantai Suluban Uluwatu


Jika kamu sudah sampai di lapangan tempat parkir kendaraan, namun kenapa pantainya belum juga terlihat ya ? Tenang, itu karena perjuanganmu belum berakhir. Para pengunjung harus menuruni anak tangga sejauh 200 meter dari tempat parkir. Setelah itu akan ada anak tangga lain yang lebih sempit dari pada yang pertama tadi sekitar 50 meter.

Dikarenakan saking sempitnya anak tangga yang menjadi satu-satunya akses, para pengunjung harus bergantian antara yang mau turun dan yang akan naik. Jika musin liburan tiba, antreannya seperti supermarket saat cuci gudang dengan diskon 90%. Di tangga kecil ini juga merupakan terowongan alami tanpa campur tangan manusia.

Asal Mula Nama Pantai ‘Suluban’


Dari sinilah nama pantai ini juga dikenal sebagai pantai Suluban yang berasal dari kata ‘mesulub’, atau berjalan melewati sesuatu di atas kepala manusia.

Kamu harus bersusah payah dan berjuang melewati semua itu, untuk bisa menikmati pesona pantai ini. Nah, setelah itu pastikan mata kamu menikmati indahnya pemandangan Pantai Suluban Uluwatu dengan sepenuh hati yang sudah menunggumu di ujung terowongan. Rasa lelahmu setelah berjuang cukup lama akan tergantikan dengan pesona indahnya pantai karya Sang Maha Pencipta.

Keindahan Dan Keunikan Pantai Suluban Uluwatu


Berikut keindahan dan keunikan pantai suluban uluwatu yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke tempat ini :

1. Pemandangan Blue Point Yang Sempurna Dari Atas Pura Pantai Suluban Uluwatu


Jika kamu ingin menikmati tempat lain di sekitar Pantai Suluban Uluwatu, maka kamu bisa berwisata ke Pura Uluwatu. Letak pura ini berada di bukit karang kurang lebih 3 KM di atas pantai Uluwatu. Dari pura uluwatu sana kamu bisa melihat keindahan pantai dari sudut pandang yang lebih luas dan lebih menakjubkan.

Pura Uluwatu berada tepat di ujung bukit karang yang menjorok ke laut. Sebenarnya nama asli Pura ini adalah Pura Luhur Uluwatu, namun lebih terkenal dengan sebutan Pura Uluwatu.

2. Pura Sad Khayangan


Didirikan oleh Empu Kuturan pada abad 11, Pura Pantai Suluban Uluwatu juga disebut-sebut sebagai Pura Sad Kayangan yang berarti penyangga 9 mata angin.Tempat suci ini juga diyakini berhadap-hadapan dengan pura-pura suci lainnya di bali, seperti Pura Andakasa, Pura Batur dan Pura Besakih.

Tak seperti pura-pura suci lainnya yang kebanyakan pengunjung dilarang masuk, pura Uluwatu ini memperbolehkan para pengunjung masuk. Hal ini membuat pura ini sering menjadi tempat kunjungan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Nah, jika kamu ingin melihat interior sebuah pura, maka kamu harus mengunjungi pura Uluwatu ini. Tetapi sebelum kamu masuk ke dalam pura, usahakan untuk mengganti bajumu dengan baju dan sabuk khas masyarakat Bali.

3. Pasukan Kera yang Menjaganya


Jika kamu berwisata ke Pura Uluwatu, usahakan tidak usah membawa benda berharga, termasuk kacamata dan topi. Hal ini dikarenakan di sekitar pura ini banyak sekali kawanan monyet liar yang lincah dan terkadang usil dengan para pengunjung. Kebanyakan masyarakat sekitar pura ini percaya bahwa kawanan kera liar ini adalah penunggu asli Pura di atas pantai Uluwatu ini.  Hal itu membuat kera-kera ini tidak diusir ataupun dipindahkan ke tempat lain agar tidak mengganggu para turis yang berkunjung. Meskipun banyak para turis yang mengeluhkan keusilan para kera di sekitar pura ini, namun pasukan kera yang menjaganya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang yang datang mengunjungi Pura.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon