Kamis, 05 April 2018

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Air Terjun Tibumana


Tidak bisa dipungkiri, Bali memang sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia. Keindahan alam yang disuguhkan dan keunikan adat budaya yang dikemas secara modern selalu mampu menyedot pengunjung berdatangan tiap harinya. Tapi, Bali tidak harus melulu tentang Tanah Lot, Kuta, atau Pedesaan Ubud. Ada juga tempat di Bali yang tidak kalah indahnya, yaitu Air Terjun Tibumana.

Air terjun ini adalah salah satu destinasi wisata di Bali yang jarang orang tahu. Meskipun begitu, keindahannya tidak bisa kamu lewatkan, dan kamu harus berkunjung ke sini saat mengunjungi Bali.

Berikut akan kami informasikan seputar Air Terjun Tibumana. Dijamin kamu langsung ingin kesana.

Lokasi Air Terjun Tibumana


Daerah Bangli tidak hanya terkenal dengan Gunung Batur nya, namun sekarang ada 1 lagi destinasi wisata di Bangli yang perlu kamu datangi. Lokasi air terjun cantik ini tepatnya berada di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Bangli, Bali.

Rute Yang Harus Dilewati


Begitu kamu tiba di dusun banjar bangun lemah kawan, kamu masih harus melakukan perjalanan untuk bisa sampai ke air terjun. Kamu akan melihat gerbang masuk Air Terjun Tibumana. Setelah itu, kamu harus berjalan mengikuti jalan yang sudah di aspal. Untuk bisa sampai kesana kamu harus berjalan melewati puluhan tangga kayu. Dan kamu juga harus berhati-hati, jalan setapak yang ada disana masih sangat licin.

Liburan Murah


Banyak sekali tempat di Bali yang menyediakan kemewahan. Tapi ada juga, lho yang murah tapi tetap berkesan. Jika kamu pergi ke Bali tetapi ingin merasakan suasana alam Bali yang indah juga murah, disinilah tempatnya. Cukup membayar 5000 ribu saat memasuki gerbang Air Terjun Tibumana. Dengan harga semurah itu kamu sudah bisa merasakan air terjun yang dijamin membuat kamu tenang dengan melihat keindahannya.

Keunikan Air Terjun Tibumana


Setiap tempat memiliki keunikan tersendiri. Begitu pun disini. Air terjun pada umumnya hanya memiliki satu aliran air menuju hilir. Tetapi berbeda dengan air terjun ini, Air Terjun Tibumana yang setinggi 20 meter memiliki dua aliran terjun yang mengalir secara berdampingan. Oleh karena itu, orang-orang sering menyebutnya dengan air terjun kembar. Tapi walaupun memiliki 2 aliran, terkadang salah satu air terjun berhenti mengalir. Terkadang juga deras alirannya tidak menentu.

Suasana Air Terjun Tibumana


Jumlah wisatawan yang datang kesini masih relatif sedikit. Oleh karena itu, suasana yang akan kamu rasakan saat kesini adalah tenang, asri dan masih hijau. Udaranya sangat segar bebas dari polusi udara. Sangat cocok untuk relaksasi menghilangkan penat pikiran. Pemandangan di sekitar air terjun juga masih dihiasi dengan pepohonan hijau yang rindang. Bahkan beberapa akar dan ranting pohon menjalar di bebatuan sekitar air terjun. Membuat air terjun terlihat lebih eksotis.


Kepercayaan Masyarakat Sekitar


Banyak kepercayaan yang masih menyelimuti tempat ini. Salah satunya adalah kepercayaan tentang gua yang tersembunyi di belakang air terjun. Goa tersebut dipercaya warga sekitar sebagai jalan pintas menuju Pura Goa Raja Besakih. Dan sampai sekarang tidak ada satupun warga yang berani masuk.

Karena ukuran gua tersebut sangat sempit dan gelap, serta kedalaman air di bawah air terjun bisa terbilang cukup dalam. Selain itu, kolam yang berada di bawah air terjun dipercaya sebagai tempat pesiraman niskala. Oleh sebab itu para pengunjung tidak diperkenankan mandi di kolam tersebut. Hal itu semata-mata untuk menghormati kepercayaan dan menjaga keselamatan pengunjung.

Menjadi Pengunjung Yang Sadar Diri


Masih bergelut dengan masalah klasik, yaitu sampah. Masih banyak sampah yang terlihat saat kamu memasuki kawasan air terjun. Hal ini adalah tanggung jawab bersama. Sebagai pengunjung yang baik, kamu harus senantiasa menjaga kebersihan tempat wisata agar kamu bisa merasakan destinasi wisata yang kamu kunjungi dengan nyaman. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati saat mengunjunginya. Sangat tidak dianjurkan mengunjungi air terjun ini pada musim hujan. Selain jalanan menjadi lebih licin, tempat ini rawan longsor. Karena dibagian kanan kiri air terjun terlihat sisa tanah longsor. Jadi jaga kebersihan dan keselamatan, ya.

Demikian adalah hal-hal terkait Air Terjun Tibumana. Jangan lupa mengunjungi nya saat berada di Bali.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon