Selasa, 08 Mei 2018

8 Aneka Makanan Khas Denpasar Yang Menjadi Favorite Wisatawan


Pulau Bali terkenal dengan banyak lokasi wisata alamnya yang memukau. Tidak jarang wisatawan yang datang berasal dari luar provinsi bahkan mancanegara. Pertumbuhan industri wisata tersebut akan mendukung eksistensi kegiatan bisnis di ibu kota,

Denpasar. Mereka mampu menaikkan pendapatan per kapita dengan mendirikan berbagai bisnis kuliner, salah satunya adalah bisnis makanan khas Denpasar misalnya. Dengan segala perkembangan bisnis yang ada di Denpasar juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi bagi warga Bali dan sekitarnya.

Berbicara terkait makanan khas dari Denpasar, tentu akan sangat beragam. Banyak orang yang mengatakan bahwa makanan khasnya mempunyai cita rasa yang spesial dan berbeda dengan yang lainnya. Apalagi jika dinikmati bersama indahnya wisata Bali yang menyatu dengan alam.

8 Makanan Khas Denpasar Yang Unik Dan Wajib Dicoba

Disetiap daerah wisata tentu ada makanan khas masing-masing yang menjadi icon dari wilayah tersebut. Seperti halnya kota Denpasar yang mempunyai makanan khas dengan disamping berbagai lokasi wisata yang beragam. Berikut adalah beberapa makanan khas dari Denpasar yang harus dicoba:

 

1. Ayam Betutu


Keberadaan kuliner ayam betutu di Bali sudah melekat di hati orang Indonesia terkhusus wisatawan yang sering berkunjung ke Bali. Makanan khas Bali ini mempunyai ciri rasa yang spesial. Perpaduan rasa pedas dengan aroma rempah-rempah yang kuat berhasil menjadikan olahan ayam betutu berkesan dilidah penikmatnya.

Rumah makan ayam betutu yang sering dikenal adalah RM. Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Tapi anda jangan khawatir, karena rumah makan ini membuka cabang di berbagai tempat yang bisa dikunjungi antara lain Jln. Raya Kuta dan Jln. Raya Denpasar.

 

2. Olahan Kakul Pan Putu


Rumah makan dengan ciri khas kuliner dengan bahan dasar kakul atau siput bisa ditemukan di Jl. Achmad Yani Utara 187, Denpasar. Ada berbagai macam olahan siput yang ditawarkan seperti sop, tumis, serta sate.

Dan perlu diketahui juga, bahwasanya kakul bisa dipercaya dapat menurunkan hipertensi dan juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

 

3. Nasi Campur Warung Satria


Warung Satria ini berlokasi di Jl. Kedondong, Denpasar, Bali. Apabila anda berkunjung ke warung ini berasa seperti makan di rumah sendiri. Karena hidangan yang disajikan bernuansa masakan rumah, seperti olahan sayur, daging, dan lain sebagainya. Hanya saja yang membedakan adalah bumbu ayam Bali yang sangat khas cita rasanya.

 

4. Krupuk Klejat


Bagi anda pecinta camilan, krupuk klejat dari Denpasar ini siap mengisi perut anda. Camilan ini terbuat dari siput atau kerang laut. Lalu mengapa dinamai krupuk klejat?

Orang Denpasar memaknai klejat sebagai kerang laut. Anda bisa menemukan krupuk klejat di Serangan.

 

5. Rumput Laut Ala Serangan


Olahan rumput laut khas Serangan, Denpasar ini akan membuat anda akan ketagihan untuk mencoba lagi. Rumput laut yang biasanya hanya disajikan sebagai penutup saja, di Denpasar anda bisa menikmatinya dengan ikan laut sebagai lauknya. Selain itu di pantai serangan ini juga menyediakan berbagai olahan rumput laut dengan segala campuran rempah-rempahnya yang lezat.

 

6. Ikan Bakar Bendega


Warung makan dengan olahan ikan bakar bendega berlokasi di Jl. Cok Agung Tresna No. 37, Renon. Menu yang ditawarkan mayoritas adalah hidangan laut dengan berbagai aneka sambal seperti sambal goreng, mentah, dan tomat. Tapi disamping itu, bendega juga menyediakan berbagai hidangan lain seperti ayam dan chinese food.

 

7. Babi Guling


Khusus Untuk Non Muslim ya.... Olahan babi memang sudah menjadi ciri khas dari daerah Bali. Tekstur daging yang empuk serta rempah-rempahnya yang tajam, berasa sangat gurih di lidah. Untuk melengkapi sempurnanya rasa pada daging babi, mereka menggunakan bumbu basa genep Bali dan daun kelapa yang dimasukkan ke dalam perut babi. Menu babi guling biasanya disajikan dengan nasi putih bersama lawar, dan semangkuk kecil jukut ares.

 

8. Be Pasih Mesambel Matah


Menurut bahasa orang Bali, be pasih mesambel matah adalah olahan ikan laut dengan sambal mentah. Cara pengolahannya adalah ikan laut yang segar dengan balutan bumbu-bumbu kemudian di panggang di atas api yang tidak terlalu besar. Untuk bisa menghasilkan rasa yang nikmat, disarankan menggunakan arang dari batok. Kemudian ikan tersebut disajikan dengan sepiring sambal merah hingga menghasilkan rasa yang sempurna.

Diatas adalah beberapa makanan khas Denpasar yang menjadi icon kulinernya. Disetiap makanan yang ditawarkan mempunyai kategori yang berbeda-beda. Mulai dari bahan dasar yang digunakan hingga tingkat halal atau tidaknya untuk dikonsumsi bagi orang-orang tertentu.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon