Jumat, 18 Mei 2018

Inilah Tempat Wisata Menarik Yang Perlu Anda Coba, Kubu Hobbit Pedawa Bali


Pulau Bali atau yang biasa disebut dengan Pulau Dewata selalu menjadi pilihan untuk berlibur para wisatawan domestik maupun Mancanegara. Pulau Bali memiliki ribuan destinasi wisata yang membuat para pengunjungnya terpesona oleh keindahannya. 

Di Bali anda bisa menemukan tempat-tempat baru untuk bersantai. Tentunya anda juga akan mengambil gambar untuk foto selfie, unggah foto ke media sosial seperti facebook dan instagram. Salah satu tempat wisata yang bisa anda gunakan sebagai tempat bersantai dan berselfie adalah Kubu Hobbit Pedawa Bali.

Tempat Wisata Menarik Yang Perlu Anda Coba, Kubu Hobbit Pedawa Bali

Kehadiran Kubu Hobbit Pedawa Bali ini menjadi daya tarik baru bagi warga maupun wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman-pengalaman unik dan berbeda. Di desa Pedawa selain terdapat Kubu Hobbit anda juga bisa menemukan barang kerajinan khas yang terbuat dari anyaman bambu dan gula aren.

Desa Pedawa sudah dikenal sebagai sebuah desa tua atau desa Bali Aga. Desa di Bali ini memang cukup spesial karena memiliki tradisi yang berbeda dibandingkan desa lainnya. Desa Pedawa tidak mengenal adanya kasta seperti di Bali pada umumnya, di sini setiap rumah keluarga wajib memiliki sanggah (bangunan suci) dari bambu dan itu masih dilestarikan sampai saat ini. Permainan tradisional yang masih berkembang sampai sekarang adalah Megangsingan (permainan gangsing/gasing).

Desa Pedawa juga memiliki kuliner yang khas yaitu sate Keladi, tanaman keladi memang tumbuh dengan baik di perkebunan warga. Sampai saat ini, ketika ada hajatan sate keladi inilah salah satu menu yang tidak ditinggalkan warga dan sudah menjadi warisan kuliner leluhur. 

Memang sejumlah desa Bali Aga memiliki budaya dan tradisi unik. Tidak hanya di desa Pedawa tetapi salah satunya yang populer adalah desa Trunyan. Desa ini memiliki kebiasaan berbeda dalam pemakaman jasad orang yang telah meninggal.

Tempat Wisata Kubu Hobbit Di Desa Pedawa

Lalu apa itu Hobbit? Tentunya banyak orang yang sudah mengetahui dengan gambaran film seri The Hobbits yang pernah ditayangkan di layar televisi.  Bangsa Hobbit ini digambarkan sebagai makhluk berbentuk manusia namun dengan perawakan atau tubuh yang pendek. 



Tinggi badannya hanya sekitar separuh badan manusia normal, telinganya cenderung berbentuk lancip, kakinya besar dan kuat, perutnya cenderung buncit, perawakannya seperti kurcaci. Perbukitan dengan rumah terbuat dari kayu, dengan ruangan indah dan tertata rapi menjadi tempat tinggal bangsa Hobbit.

Di desa Pedawa dicoba dikembangkan rumah yang menyerupai tempat tinggal dari bangsa Hobbit tersebut sehingga dikenal sebagai Kubu Hobbit. Awalnya memang berasal dari pembuatan yang tidak serius, rumah tersebut dibuat untuk menutupi penampungan air bersih yang dikonsumsi sehari-hari. Bahan-bahan rumah atau kubu ini dibuat dari kayu yang sudah tidak terpakai lagi, seperti kayu dari tanaman kopi dan juga papan bekas.

Namun, setelah bangunan sederhana dari kayu tersebut selesai, malah terlihat unik seperti rumah dari bangsa Hobbit. Di sinilah timbul niat dari pembuatnya yaitu Ketut Sudiharta untuk mengembangkan tempat ini sebagai tempat rekreasi baru. 

Hal ini sekaligus bisa memperkenalkan keberadaan desa Pedawa yang juga merupakan salah satu desa Bali Aga ke kancah dunia internasional. Nuansa alam pedesaan yang tenang, asri dan sejuk, membuat pengunjungnya bisa lebih menikmati, serta bisa lebih mengenal budaya desa setempat.

Bagi orang dewasa atau orang tua bisa untuk tempat bersantai sambil menikmati kopi desa Pedawa dengan gula arennya yang khas. Sedangkan untuk anak muda bisa bersantai sambil berselfie ria. Kopi Moola Pedawa menjadi suguhan yang istimewa di Kubu Hobbit ini. 

Cita rasa kopi memang sangat spesial apalagi masih diolah dengan cara-cara yang tradisional. Mengolahnya dengan menggunakan kayu bakar, sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat dan khas. Jika anda wisata ke Bali Utara maka akan sayang tidak menyambangi Kubu Hobbit Pedawa ini.

Alamat Dan Lokasi Kubu Hobbit

Lokasi Kubu Hobbit di Desa Pedawa, Kec. Banjar, Kab. Buleleng, Bali. Jarak dari bandara Ngurai Rai sekitar 85 km, melalui jurusan objek wisata Bedugul. Sampai di pertigaan Asah Gobleg, belok kiri menuju puncak Wanagiri (kalau lurus menuju objek wisata air terjun Gitgit), kemudian belok kanan menuju jalan Asah Gobleng – Bangkiang Sidem. Pejalanan bisa ditempuh sekitar 8 km dari jalan Asah Gobleng. Di kawasan Kecamatan Banjar sendiri terdapat sejumlah objek wisata yang cukup populer untuk di kunjungi. Selain Kubu Hobbit, anda juga bisa mengunjungi Brahmavihara Arama dan air panas Banjar.


Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon