Sabtu, 05 Mei 2018

Objek Wisata Jembatan Kuning Lembongan Yang Eksotis



Seolah-olah Bali tidak pernah meredupkan mercusuarnya. Justru Bali semakin tampil elegan dan semakin mempesona. Terlebih-terlebih disetiap daerah yang menjadi bagian dari wilayah Bali mulai memproyeksikan diri sebagai objek wisata yang memikat hati. Mencuri pesona setiap lirik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tidak hanya sekadar birunya pantai yang menawan mata, melainkan terdapat pula destinasi wisata selain pantai yang membahana. Misalnya saja seperti Jembatan Kuning Nusa Lembongan yang sering menghipnotis pasangan wisatawan mudi-muda.

Panorama yang khas tiada dua menjadi jurus andalannya. Spot yang sangat pas untuk dijadikan sebagai background mendokumentasikan liburan anda di Bali. Tidak hanya demikian, spot ini juga digadang-gadang sebagai wahana wisata Bali yang instragamable. Jadi penasaran bukan?

Jembatan sejatinya memiliki peran sebagai sarana untuk akses jalan yang menghubungkan antara suatu dataran dengan dataran lain. Hal ini ada banyak kemungkinan, mengapa dibangunnya jembatan.

Entah itu disebabkan terdapatnya jurang, lembah maupun lintasan permukaan air yang tidak memungkinkan untuk dijadikan akses jalan, maka dibuatlah jembatan. Bahan dasar jembatan sendiri dapat terbuat dari benda yang sederhana ataupun dari benda yang bertahan lama dan berkualitas.

Misalnya saja jembatan sederhana yang terbuat dari bambu ataupun kayu. Sementara jembatan yang biasanya tahan lama ialah menggunakan beton ataupun baja. Jadi penasaran seperti apa bentuk kontruksi jembatan Kuning Nusa Lembong bukan? Kenapa jembatan ini memiliki daya tarik yang khas sehingga memikat para wisatawan?.

Daripada penasarannya terus berapi-api dan membludak, yuk disimak sama-sama terkait informasi penting mengenai jembatan Kuning Nusa Lembongan sebagai berikut:.

Lokasi

Sebagaimana nama populernya objek wisata Jembatan Nusa Lembongan terletak diantara pulau Nusa Lembongan dengan pulau Nusa Ceningan. Sederhananya, jembatan ini merupakan satu-satunya akses darat yang menghubungkan antar pulau. Kurang lebih terletak 11 km sebelah Tenggara dataran utama Bali.

Sejarah

Jembatan Kuning Nusa Lembongan ini dibangun pada tahun 1996, sehingga mempunyai usia lebih dari 22 tahun. Namun pada Minggu 16 Oktober 2016, jembatan ini sempat mengalami roboh. Tetapi musibah ini pun tidak sampai berlarut-larut. Akhirnya 4 bulan kemudian, tepatnya pada Sabtu, 25 Februari 2017, jembatan ini berhasil disambungkan kembali.

Model Kontruksi

Sesuai dengan nama yang sering terdengar, jembatan ini berwarna kuning dan beralaskan kayu, dengan panjangnya 100 meter dan lebarnya 1,5 m. Jembatan bercorak tempo dulu yang khas dan unik. Namun setelah mengalami keambrukan pada tahun 2016, akhirnya jembatan ini di rekontruksi kembali.

Warna kuning khasnya tidak berubah, tapi panjangnya mengalami penambahan, yakni menjadi 140 m dan lebarnya menjadi 1,8 m, dengan beralaskan baja. Meskipun telah mengalami rekontruksi, jembatan ini tetap hanya dikhususkan untuk pejalan kaki, sepeda dan hanya boleh dilewati sepeda motor.

Pesona Apik

Jembatan ini menawarkan panorama apik. Dimana para wisatawan yang berjalan di atas jembatan ini akan disodorkan pemandangan pulau terbuka. Kemanapun anda menoleh, panorama khas menawan setiap sorot mata. Selain itu, anda dapat menyaksikan pemandangan hamparan perahu, airnya yang jernih menampakkan indahnya dasar laut. Keindahannya akan bertambah menawan, tatkala senja menyapa dan sunset tiba.

Spot Andalan

Tanpa terbatasi oleh waktu, para wisatawan hilir mudik mengunjungi destinasi wisata jembatan kuning ini. Nampak pula kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung dengan berpasang-pasangan. Di atas jembatan, mereka tidak canggung-canggung dan merasa sungkan untuk memainkan kamera dan smartphonenya untuk berfoto maupun berselfie ria.

Sudah barang tentu, momen kebersamaan dan keromantisan tersebut mereka abadikan di media sosial tersohor. Sebut saja facebook, instagram, twitter, path, website dan lain sebagainya. Sehingga tempat ini pun secara cepat ternama sebagai destinasi wisata dengan view yang memikat mata. Tidak hanya itu, jembatan kuning ini sering juga dijadikan sebagai spot untuk foto prewedding.

Sebutan Populer

Melihat derasnya ombak daya tarik yang dihilirkan oleh para wisatawan tersebut, khususnya mereka para wisatawan muda-mudi yang saling berpasangan dan sering dijadikan sebagai spot romantis, maka tersebutlah objek wisata ini sebagai jembatan cinta ataupun sebagai yellow bridge.

Tips Berkunjung ke Jembatan Kuning Nusa Lembongan

Sebelum berkunjung ke destinasi wisata ini usahakan baterai kamera dan smartphone milik anda full. Sehingga anda akan mendapat album yang pas untuk menghiasi akun media sosial dan pajangan foto yang pure di rumah anda.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon