Senin, 27 Agustus 2018

Air Terjun Kanto Lampo yang Memukau



Destinasi wisata nuansa air yang ada di Bali kian lengkap dengan munculnya beberapa spot baru. Mulai dari waduk, danau, sampai dengan air terjun. Objek wisata air yang menawarkan sensasional yang berbeda sama sekali dengan pantai. Sebut saja air terjun Kanto Lampo misalnya saja. Salah satu wisata baru yang mulai mencuri setiap kedip mata wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Mengapa demikian?, sebab di sana perpaduan alam terbuka, sejuknya udara, bening dan segarnya air menjadi viewer sekaligus daya tarik tersendiri. Hamparan keindahan alam yang memikat mata. Nah loh, pensaran bukan? Sperti apa eksotisnya air tejun Gianyar Bali yang baru dibuka secara resmi pada 25 Juli 2015 ini. Untuk mengobati rasa penasaran yang meluap-luap, alangkah baiknya anda menyelsaikan ulasan seputar destinasi tersebut di bawah ini.


Air Terjun Kanto Lampo yang Memukau


Berkunjung ke wahana air terjun merupakan pilihan tepat anda, tatkala merasakan penat dengan tumpukan kesibukan tugas yang menyandra. Dengan mengunjungi air terjun Kanto Lampo, setidaknya akan merelaksasi pikiran dan meregenerasi semangat anda. Namun, sebelum anda memutuskan diri untuk bertamasya ke wisata ini, alangkah baiknya mencari informasi terlebih dahulu terkait lokasi, fasilitas harga tiket sampai dengan daya tarik yang ditawarkan. Adapun informasi penting tersebut akan dipaparkan sebagai berikut:


1.     Lokasi


Destinasi wisata air terjun baru ini terletak di sekitar pemukiman warga. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang terletak dipegunungan (dataran tinggi), justru wisata ini berada di dataran rendah. Alamat lengkapnya berlokasi di dusun Banjar Kelod Kangin, desa Beng, kabupaten Gianyar, Bali. Salah satu objek wisata yang dikelola secara langsung oleh masyarakat lokal sekitar. Untuk memastikan posisi anda secara betul, dapat pula menggunakan google maps melalui gudget yang dimiliki. 


2.     Akses Jalan


Untuk sampai di destinasi wisata air terjun KantoLampo, anda dapat menyesuaikan dengan awal mula perjalanan. Apabila berangkat dari arah kota Denpasar, anda akan menempuh jarak perjalanan kurang lebih sekitar 30 km. Dari arah Kuta  anda harus melalui perjalanan kurang lebih selama 2 jam. Berbeda halnya tatkala anda berangkat dari Gianyar, jarak tempuh yang harus dilalui hanya sekitar 3 km.

Sementara, apabila anda memulai perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, kurang lebih akan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam. Untuk sampai di desa Beng anda dapat mengendarai atau menyewa kendaraan, yang kemudian mengikuti papan tanda sebagai rute wisata air terjun. Selain itu, untuk sampai dilokasi wisata, anda juga harus menuruni anak tangga yang berjumlah ratusan.

Akan tetapi tenang saja, sepanjang perjalanan, anda akan dimanjakan dengan viewer  alam yang memikat mata. Apabila anda merasa lelah dan capek dapat juga beristirahat di beberapa titik yang telah tersedia. Tidak sampai di sana, anda pula akan melalui jalan bebatuan setapak yang biasanya terbasahi dengan cipratan air terjun.


3.     Harga Tiket


Tarif harga yang dibelakukan untuk para wisatawan domestik ataupun mancanegara yang berkunjung ke destinasi wisata ini cukup murah, yakni hanya dibandrol seharga Rp.5.000/orang. Harga ini belum termasuk dengan layanan fasilitas khusus berbayar yang berada di area wisata air terjun.


4.     Fasilitas


Tersedia pula beberapa fasilitas penunjang kenyamanan berwisata anda di wahana air terjun ini. Misalnya seperti  ruang ganti pakaian (laki-laki maupun perempuan) dan juga tersedia bak mandi yang berair dari sumber langsung.


5.     Sejarah


Asal mula nama air terjun ini, digada-gadang berasal dari nama sebuah pohon yang keberadaannya menghilirkan hamparan buah yang jatuh hingga sampai di lokasi air terjun. Sehingga lama kelamaan masyarakat lokal menyebutnya Kanto Lampo.


6.     Pesona Air Terjun Kanto Lampo


Air terjun yang sedikit miring ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 15 meter. Dimana lokasi sekitar air terjun, terdapat goa yang digada-gdang akan dijadikan sebagai tempat peristirahatan wisatwan. Ditersedia pula air mancur yang airnya abadi memancar. Uniknya, air terjunnya tidak jatuh secara langsung melainkan menimpa bebatuan secara alami. Sebagai dampaknya airpun akan menciprat kesegala sisi. Selain itu, dibagian tebing atau dinding air terjun juga terdapat bebatuan acak, sehingga memungkinkan anda untuk duduk ataupun tampil eksis di tengah-tengah air turun. Pesona air terjun dilengkapi dengan adanya sungai yang dihimpit oleh tebih yang diselimuti lumut hijau yang menarik. Belum lagi ditambang dengan viewer yang indah disekeliling wisata tersebut.


Demikianlah, beberapa informasi penting seputar air terjun Kanto Lampo yang memukau. Semoga dapat menjadi referensi liburan anda selanjutnya.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon