Kamis, 20 September 2018

Ingin Berlibur Ke Museum Geopark Bali? Ini Informasi Lengkapnya



Salah satu destinasi wisata yang anti-mainstream di Bali adalah Museum Geopark Bali. Sambil liburan, kamu bisa menambah ilmu tentang kebumian lho. Namun, sebelum mengunjungi wisata tersebut, ada beberapa informasi umum yang perlu kamu ketahui. Berikut ulasan selengkapnya.


Lokasi Dan Harga Tiket Masuk


Museum Geopark Batur bisa kamu kunjungi di Jalan Raya Penelokan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Nah, kalau kamu berangkat dari Kuta, kamu akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa menyewa mobil di Bali atau menggunakan taksi.

Untuk memasuki wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 20 ribu untuk orang dan dewasa. Sedangkan, Rp 15 ribu untuk pengunjung yang masih dikategorikan anak-anak.

Nah, jika kamu ingin berwisata ke tempat ini ketika berkunjung ke Bali, kamu bisa mendatangi museum ini pada hari kerja yakni Senin-Kamis pada pukul 08.00 sampai 16.00 WITA. Sedangkan, untuk hari Sabtu dan Minggu, kamu bisa mengunjungi wisata ini pukul 08.00 sampai 14.00 WITA. Untuk hari jumat dan hari libur nasional, wisata ini tutup.


Fakta Menarik Museum Geopark Bali


Museum Geopark Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Bali. Hal ini karena museum ini memiliki banyak koleksi yang menarik yang sayang untuk kamu lewatkan. Totalnya ada sekitar 350 objek atau koleksi. Selain itu, masih banyak fakta menarik terkait museum ini lho. Apa saja fakta menarik tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.


1. Museum Yang Pertama Kali Diresmikan Di Indonesia


Saat ini Indonesia memiliki dua museum yang masuk dalam Global Geopark Network (GGN), yakni Geopark Batur di Bali dan Geopark Gunung Sewu di Jawa Tengah. Selain itu, masih ada empat geopark nasional. Museum tersebut yaitu Geopark Nasional Kaldera Toba di Sumatera Utara, Ciletuh di Jawa Barat, Merangin di Jambi, dan Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Nah, dari sekian banyak geopark yang ada di Indonesia, Museum Geopark Batur di Bali merupakan museum pertama yang diresmikan di Indonesia. Peresmian museum tersebut dilakukan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, pada tanggal 1 April 2016.


2. Memiliki Dua Kaldera


Keunikan lain dari museum ini yang tidak dimiliki oleh museum geopark lainnya yaitu adanya dua kaldera. Uniknya, kaldera kedua terbentuk melingkar dalam kaldera pertama. Nah, di dalam kaldera kedua tersebut muncul Gunung Batur yang memiliki ketinggian sekitar 1.717 meter. Selain itu, dalam kaldera tersebut juga ada danau yang berbentuk bulan sabit lho. Panjang danau tersebut sekitar 7,5 km dengan lebar 2,5 km. Nah, danau tersebut dikenal masyarakat dengan nama Danau Batur.


3. Museum Yang Pertama Kali Menggunakan Landskap Gunung


Museum yang berada di kawasan Gunung Batur dan dibangun pada tahun 2013 hingga 2014 ini merupakan museum yang pertama kali menggunakan landskap gunung. Selain itu, museum ini juga dibangun seperti halnya bangunan di Bali. Ya, museum yang mulanya dibangun sekitar tahun 2007 ini mempunyai bagian yang menyerupai pura, khususnya pada bagian gerbang utama. Sedangkan, pada pada bagian gedung pelengkapnya memiliki bagian yang cukup menarik. Pasalnya, bangunan tersebut menyerupai kerucut dengan adanya kombinasi kaca dan bebatuan andesit.


4. Total Koleksi Museum Berjumlah 350 Objek


Museum Geopark Batur memiliki koleksi yang sangat banyak. Lebih tepatnya koleksi di museum tersebut sekitar 350 objek yang memiliki dimensi sekitar 5 cm sampai 250 cm. Sedangkan, berat maksimumnya sekitar 600 kg.

Semua koleksi museum ditampung dalam museum dua lantai yang dimiliki oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Lantai pertama museum berisi tentang informasi mengenai kebumian Kaldera Batur dan proses terbentuknya Pulau Dewata Bali secara geografi. Sedangkan, lantai kedua berisi informasi mengenai keberagaman flora dan fauna di Bali dan berbagai koleksi kebudayaan berupa diorama dan arca.


5. Pengunjung Bisa Menyaksikan Keindahan Alam Setelah Selesai Melihat Koleksi Museum


Banyak informasi yang bisa kamu dapatkan ketika mengeksplor berbagai koleksi di Museum Geopark Batur di Bali. Nah, setelah melihat semua koleksi museum tersebut, kamu secara langsung akan dapat menyaksikan keindahan alam museum tersebut. Berbagai keindahan tersebut antara lain bebatuan, pasir, serta danau nan indah yang mengelilingi museum tersebut. Sambil melihat pemandangan, kamu akan dimanjakan oleh semilirnya angin sejuk yang membelai kulit dengan begitu lembut tetapi menyegarkan.


Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon