Senin, 03 Agustus 2020

Inidia Tata Cara Ikuti Audisi Indonesian Idol 2020 Secara Online

Tags



Andakah the next idol? Jika iya, ikuti audisi indonesian idol 2020 secara online. Audisi Indonesian idol ini merupakan salah satu ajang pencarian bakat bernyanyi yang sangat bergengsi di Indonesia.

Audisi online indonesian idol ini telah resmi dibuka sejak 8 Juni kemarin. Anda bisa mengikuti audisi online ini dengan cara mengunggah satu video berdurasi 5 menit. Video tersebut berisi penampilan Anda yang bernyanyi secara acapella atau tanpa iringan musik ke situs meTube.id.
Lalu, apa saja persyaratan untuk mengikuti audisi indonesian idol online ini?

Persyaratan Peserta Audisi Indonesian Idol Online

Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu persyaratan untuk bisa mengikuti audisi indonesian idol online ini. Pastikan sebelum melakukan pendaftaran audisi online, Anda telah memenuhi  persyaratan berikut:
  1. Laki-laki dan perempuan berusia 16 – 27 tahun. Jadi, jika usia Anda dibawah 16 tahun atau melebihi usia 27 tahun, maka Anda tidak bisa mengikuti audisi indonesian idol secara online ini.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai bakat di bidang tarik suara.

Indonesian idol merupakan kompetisi bernyanyi. Jadi, jika Anda ingin mengikuti audisi online ini, maka Anda harus memiliki skill bernyanyi yang baik.

Selain itu, Anda juga harus berkewarganegaraan Indonesia. Ini bisa dibuktikan dengan KTP atau Akte kelahiran atau Kartu Keluarga.

Setelah Anda memastikan diri Anda memenuhi persyaratan diatas, silahkan ikuti audisi indonesian idol 2020 secara online ini.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Peserta Audisi Online

Jika Anda ingin mengikuti audisi indonesian idol online ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan diantaranya:

1. Satu video rekaman berdurasi 5 menit yang berisi perkenalan dan penampilan bernyanyi.


Anda harus menyiapkan satu video rekaman untuk diunggah pada situs meTube.id. Video memegang poin utama dari audisi indonesian idol online ini. Jadi, Anda harus memperkenalkan diri Anda semenarik mungkin sesuai karakter yang Anda miliki.
Dalam video ini, Anda diwajibkan untuk menyanyikan sebuah lagu secara acapella atau tanpa iringan musik. Apakah Anda bisa menyanyikan lebih dari satu lagu? Sangat bisa, dengan catatan durasi waktu tidak melebihi 5 menit.  

Bahkan, Anda juga diperbolehkan menyanyikan lagu lain dengan menambahkan iringan musik, boleh juga sambil memainkan alat musik dan diiringi pemain musik.

Namun, saat Anda menggunakan iringan pemain musik seperti DJ, pianis, gitaris, maka pemain musik harus terlihat di video, bukan materi musik minus one. Selain itu, juga tidak diperbolehkan untuk autotone dan mixing suara.

Selain itu, video yang Anda buat tidak boleh mengandung SARA, sadisme, kekerasan, serta tidak melanggar norma kesopanan dan kesusilaan.

2. Pakaian yang rapi dan sopan saat merekam video.

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan pakaian yang rapi dan sopan untuk dikenakan saat merekam video. Hal ini dikarenakan pakaian Anda menunjukkan karakter, daya tarik dan kreatifitas Anda.
Selain itu, Anda harus memilih pakaian yang tidak mengandung merk dagang atau nilai-nilai negatif tertentu.

3. Kamera dengan kualitas video digital yang baik.

Anda juga harus menyiapkan kamera dengan kualitas video digital yang baik. Saat Anda merekam video, Anda bisa menggunakan kamera apa saja. Namun, diusahakan kamera yang Anda gunakan memliki kualitas gambar yang baik.
Selanjutnya, format video yang bisa Anda gunakan adalah mov, mp4, flv, mpg, mkv, wmv, ogg, m4v, serta 3gp. Dan perhatikan pula ukuran dari video yang akan Anda upload di meTube.id tidak boleh melebihi ukuran 1 Gb.
Selain itu, sebaiknya video yang Anda upload nanti setidaknya memiliki resolusi terendah 480p (720 x 576). Dan video harus benar-benar baru atau belum pernah diunggah di platform manapun.

4. Koneksi internet yang stabil

Koneksi internet yang kurang baik bisa menyebabkan faktor kegagalan saat Anda mengunggah video ke situs meTube.id. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan koneksi internet yang stabil agar proses mengunggah video bisa berjalan lancar.
Jadi, persiapkan beberapa hal diatas sebaik mungkin agar saat pendaftaran audisi indonesian idol secara online bisa berjalan dengan lancar.

Cara Mengikuti Audisi Indonesian Idol Online

Setelah Anda mengetahui semua persyaratan dan menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk proses pendaftaran, berikut ini cara ikuti audisi indonesian idol 2020 secara online di situs meTube.id:

  • Menyiapkan video rekaman yang berisi perkenalan diri dan penampilan bernyanyi yang telah Anda buat.
  • Membuka  situs meTube.id, sign in dan isi daftar diri Anda pada form registrasi. Saat Anda melakukan pendaftaran, pastikanlah Anda mengisi form registrasi secara lengkap dan dengan data diri yang sebenar-benarnya.
  • Selanjutnya, klik Banner Online Audition Indonesian Idol Special Season  di situs meTube.id atau kanal Online Audition.
  • Pilih Online Audition Indonesian Idol Special Season.
  • Cantumkan detil sosial media Anda di kolom deskripsi video. Isilah deskripsi pada video yang Anda unggah dengan mencantumkan nama sosial media Anda, seperti nama Instagram, Facebook dan Twitter.
  • Upload video Anda dengan format berikut: OAIDOL2020 [spasi] NAMA [spasi] USIA [spasi] JUDUL LAGU [spasi] KOTA DOMISILI. Contoh: OAIDOL2020 RUDI 27TAHUN MENGHAPUS JEJAKMU BANDUNG.
  • Tunggu sampai muncul tulisan “Success” pada video, kemudian klik “Publish”.
Setelah Anda mengunggah video, maka video tersebut akan diseleksi oleh tim Indonesian Idol. Penyeleksian dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal, terutama berhubungan dengan kualitas video yang memenuhi persyaratan atau tidak.

Selanjutnya, produser Indonesian Idol akan memilih dan menilai video yang memenuhi kriteria agar bisa ditampilkan langsung di hadapan juri utama Indonesian Idol. Hasil keputusan bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Sedangkan video yang tidak memenuhi persyaratan akan langsung di diskualifikasi atau di banned oleh juri.

Tips Sukses Menang Audisi Online dan Hadiah bagi Pemenang Indonesian Idol

Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba saat ikuti audisi indonesian idol 2020 secara online. Sehubungan dengan audisi saat ini dilakukan secara online dan penilaian diambil dari video, maka Anda harus bisa membuat video dengan kualitas yang bagus.

Anda juga harus bisa menciptakan first impression atau kesan pertama yang bersifat memorable melalui video yang Anda buat. Nah, Anda bisa menciptakan kesan pertama melalui video dengan melalui:

11. Pilihan lagu

Sebisa mungkin jangan memilih lagu yang terlalu pasaran agar juri tidak bosan, sehingga juri kehilangan interest terhadap video Anda. Pilihlah lagu yang bagus, tidak pasaran dan nyaman untuk didengar.

22.  Tampilan visual

Penampilan visual Anda juga sangat berpengaruh untuk menciptakan kesan bagi juri. Penampilan Anda yang bagus, rapi dan sopan akan membuat juri tertarik untuk melihat video Anda sampai selesai.

Penampilan yang baik akan membuat juri merasa dihargai dan melihat kesungguhan Anda mengikuti audisi Indonesian Idol online ini. Selain itu, penampilan visual yang baik akan menambah nilai tambah bagi video Anda.

33. Karakter

Anda harus menyanyikan lagu sesuai dengan karakter Anda. Misalnya, Anda menyanyikan lagu yang jarang dinyanyikan oleh orang lain dengan karakter khas yang Anda miliki dan menggunakan improvisasi unik yang Anda kuasai.

Hal tersebut akan menarik perhatian juri. Dan peluang Anda menang audisi semakin besar.
Lalu, apa saja hadiah yang akan Anda dapatkan jika Anda keluar sebagai pemenang Indonesian Idol?

Melansir dari instagram Indonesian Idol, para pemenang akan mendapatkan beberapa hadiah yang bisa dibawa pulang. Berikut rinciannya: 

  •     Hadiah bagi pemenang pertama, yaitu mendapatkan uang tunai senilai 150 juta dan mendapatkan satu unit mobil.

  •     Hadiah bagi pemenang kedua, yaitu mendapatkan uang tunai senilai 100 juta dan mendapatkan satu unit mobil.

  •         Hadiah bagi pemenang ketiga, yaitu mendapatkan uang tunai senilai 50 juta.

  •       Hadiah bagi kontestan juara empat dan finalis 15 besar, yaitu mendapatkan paket uang tunai. Namun, tidak diketahui jumlahnya.


Itulah beberapa penjelasan tentang persyaratan, cara dan tips untuk ikuti audisi indonesian idol 2020 secara online. Serta, hadiah yang akan Anda dapatkan saat memenangkannya. Jadi, will you be the next Indonesian Idol?


Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon