Kamis, 26 November 2020

3 Pantai di Bali yang Sudah Buka, Patuhi Protokol Kesehatannya!

Tags

 



Ada beberapa pantai di Bali yang sudah buka kembali. Hal ini memicu antusiasme para wisatawan. Terutama bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai. Anda bisa memilih pantai di Bali tersebut sebagai destinasi wisata.

Namun, mengingat masih pandemi, wisatawan yang ingin berlibur ke pantai di Bali tidak boleh asal pilih pantai. Jika Anda nekat, maka bisa  tertular virus. Serta Covid-19 semakin menyebar. Padahal, pemerintah di Bali sudah mengimbau agar wisatawan tetap waspada. Sekalipun dalam suasana liburan.

Ternyata setiap pantai di Bali yang sudah dibuka mempunyai aturan tertentu. Hal ini berkaitan dengan keselamatan dan keamanan saat berlibur. Jadi, sangat perlu untuk mengetahui apa saja aturan yang diterapkan di  objek wisata yang akan Anda tuju.

Selain itu, sebelum pergi berlibur ke pantai di Bali, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Nah, disini Anda akan mengetahui pantai apa saja di Bali yang sudah dibuka beserta aturannya. Serta hal-hal yang wajib Anda siapkan sebelum berlibur ke pantai di Bali. Jadi, simak ulasan berikut ini.

Daftar Pantai di Bali Sudah Buka Untuk Umum

Selama pandemi Covid-19 banyak objek wisata di Bali mengalami penutupan, termasuk wisata pantainya. Namun, seiring dengan pemberlakuan new normal, pantai di Bali sudah dibuka kembali. Dengan  menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah setempat.

Berikut 3 daftar pantai di Bali yang sudah buka dengan protokol kesehatan yang wajib Anda patuhi, yaitu:

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta merupakan salah satu objek wisata pantai paling diminati di Bali. Pantai ini terletak di Kuta, Kabupaten Badung, Bali.



Pada awal bulan juli, beberapa tempat wisata di Bali memang telah dibuka bagi pengunjungnya. Namun, baru pada akhir bulan juli, kawasan wisata di Kabupaten Badung resmi dibuka. Termasuk pantai Kuta.

Meski tak seramai sebelum masa pandemi, pantai ini terbilang ramai pengunjung. Terutama saat akhir pekan. Pengunjung akan datang ke pantai untuk sekedar berolahraga di kawasan pantai. Atau berselancar menikmati ombak.

Nah, ada beberapa protokol kesehatan yang wajib Anda patuhi di pantai ini. Seperti memakai masker, mencuci tangan saat akan  masuk kawasan pantai dan menjaga jarak.

Selain itu, jumlah pengunjung yang datang juga selalu diawasi. Dengan cara membatasi jumlah pintu masuk kawasan. Yaitu melalui 4 pintu masuk saja. Diantaranya  Sheraton Bali Kuta Resort, depan Beachwalk, Citadines Kuta Beach Bali dan depan Kutabex Beach Front Hotel.

Bahkan, pihak pengelola pantai juga meniadakan aktivitas pedagang. Serta menyiapkan masterplan penataan pantai. Yaitu dengan menerapkan zona untuk pedagang, umum, komersial, upacara keagamaan dan lain sebagainya.

2. Pantai Pandawa

Selain Pantai Kuta, Pantai Pandawa juga sangat diminati wisatawan. Pantai ini terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pantai ini telah menjalani penutupan selama 3 bulan. Untuk menekan penyebaran Covid-19. Dan telah membuka kunjungan wisatawan kembali pada tanggal 11 Juli lalu.

Nah, dalam menyambut new normal, pengelola pantai ini membentuk panitia Pandawa Beach New Normal. Selain itu, aturan kesehatan untuk pengunjung telah lulus verifikasi. Karena fasilitas untuk menunjang terlaksananya aturan kesehatan era new normal sangat memadai.

Ada beberapa protokol kesehatan yang diterapkan di Pantai Pandawa. Seperti menyediakan tempat cuci tangan pada 26 titik strategis dan bilik sanitasi, alat thermo scanner dan hand sanitizer di setiap pintu masuk kawasan.

Bahkan petugas yang berjaga di pintu masuk juga menggunakan alat pelindung diri yang lengkap. Seperti masker, sarung tangan dan face shield.

Kemudian, pengelola pantai juga menerapkan physical distancing. Dengan mengatur tenda dan kursi pantai pada jarak tertentu. Serta menerapkan sistem zona untuk menghindari terjadinya kerumunan.

3. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran merupakan pantai di Bali yang sudah buka sejak 9 Juli lalu. Pantai ini terletak  di Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Termasuk pantai yang ramai dikunjungi wisatawan. Walaupun tak seramai sebelum pandemi. Kebanyakan pengunjung menikmati suasana alam dan menikmati olahan seafood bakar di pantai ini.

Nah, untuk menyikapi ramainya pengunjung, pihak pengelola wisata telah menerapkan beberapa protokol kesehatan. Dan wajib dipatuhi oleh setiap pengunjung yang datang.

Protokol kesehatan yang diterapkan hampir sama dengan beberapa tempat wisata pantai di Bali lainnya. Yaitu wajib memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk rajin mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Untuk memastikan protokol kesehatan bisa terlaksana dengan baik, maka akan ada pecalang adat yang berkeliling di kawasan pantai ini. Pecalang adat adalah petugas keamanan adat yang bekerja tanpa gaji.

Selain itu, para pecalang adat juga akan berkeliling ke pinggir pantai. Terutama ke sejumlah  cafe dan restoran seafood bakar yang mulai buka. Untuk mengawasi pengunjung. Apabila ada yang melanggar aturan, maka pecalang adat akan memberikan teguran.

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Berwisata ke Pantai di Bali

Liburan memang seringkali menjadi hal yang mustahil Anda lakukan selama pandemi Covid-19 ini. Sehingga dengan adanya pantai di Bali yang sudah buka menjadi angin segar bagi Anda. Karena terlalu lama karantina membuat Anda bosan dan stress.

Nah, kabar baiknya, 3 pantai di Bali yang telah dibuka bisa menjadi sasaran berlibur Anda. Namun, sebelum Anda berlibur, ada beberapa hal penting yang harus Anda siapkan. Mengingat Anda harus menjalankan liburan dalam suasana new normal di masa pandemi.

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah mencari tempat wisata yang aman. Nah, 3 objek wisata pantai di Bali di atas bisa Anda jadikan pilihannya. Karena sudah menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Saat pandemi ini Anda memang tidak bisa berlibur ke asal tempat. Sebab tidak semua tempat wisata aman Anda kunjungi. Jadi, aman atau tidaknya tempat wisata bergantung pada ketatnya protokol kesehatan yang diterapkan.

Selanjutnya, Anda harus memahami peraturan pemerintah. Karena setiap daerah memiliki peraturannya sendiri. Terutama dalam menekan penyebaran Covid-19. Bahkan, pemerintah telah mengeluarkan peraturan terkait protokol kesehatan di tempat wisata.

Nah, baik di Pantai Kuta, Pantai Pandawa dan Pantai Jimbaran menerapkan aturan sesuai arahan pemerintah. Agar objek wisata pantai tersebut bisa dibuka saat pandemi. Jadi, Anda harus memahami peraturan pemerintah dan siap untuk mematuhinya.

Terakhir, Anda harus siap mematuhi protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan menjadi hal paling urgen pada masa pandemi ini.  Dan setiap pantai di Bali yang dibuka saat pandemi sudah menerapkannya dengan ketat.

Jadi, sebelum pergi berlibur, sebaiknya bangun komitmen pada diri Anda terlebih dahulu. Agar setelah sampai di tempat wisata, Anda bisa menjalankan protokol kesehatan dengan taat dan patuh.

Itulah ulasan tentang 3 pantai di Bali yang sudah buka. Serta protokol kesehatan yang wajib Anda patuhi. Selain itu, keamanan tempat wisata, memahami peraturan pemerintah dan komitmen mematuhi aturan juga harus Anda siapkan. Agar liburan Anda ke pantai di Bali bisa aman dan selamat.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon