Kamis, 26 November 2020

Tips Aman Wisata Ke Bali Dengan Mobil Sendiri Saat Pandemi

Tags

 


Wisata ke Bali dengan mobil sendiri adalah alternatif terbaik. Terutama untuk menyambut masa adaptasi kebiasaan baru. Di mana sejumlah kawasan wisata secara bertahap sudah mulai buka kembali. Beberapa objek wisata di Bali termasuk didalamnya.

Tapi anggapan orang masih banyak keliru. Seiring dengan dibukanya beberapa objek wisata, bukan berarti Anda bisa leluasa mengunjunginya. Mengingat pandemi Covid-19 belum juga berhenti menghantui negeri ini.

Namun, di sisi lain Anda juga memerlukan liburan untuk kesehatan mental. Terutama setelah berbulan-bulan membatasi kegiatan. Dan hanya di rumah saja. Sekarang  saatnya melakukan perjalanan ke objek wisata yang menarik. Dan salah satu perjalanan wisata paling menarik  ialah ke Bali.

Nah, perjalanan wisata ke Bali menggunakan mobil sendiri ternyata bisa dijadikan opsi. Karena Anda bisa meminimalkan risiko interaksi dengan orang lain. Mengingat pentingnya menjaga jarak semasa pandemi ini.

Lalu, bagaimana cara untuk berwisata ke Bali di tengah pandemi Covid-19. Serta mengapa berlibur ke Bali saat pandemi dianggap lebih aman dengan mobil sendiri? Berikut ulasannya.

Alasan Berlibur ke Bali Menggunakan Mobil Sendiri

Melakukan perjalanan wisata ke Bali dengan mobil sendiri memang lebih aman di tengah pandemi saat ini. Apalagi jika Anda membandingkan keamanan saat menggunakan alat transportasi umum lainnya. Seperti bus, pesawat terbang, kereta dan kapal. Yang akan membuat Anda berinteraksi dengan banyak orang.

Nah, alasan pertama berlibur dengan mobil sendiri lebih aman yaitu, Anda bisa membawa peralatan kesehatan yang lengkap. Karena selain peralatan protokol kesehatan Covid-19, Anda juga perlu membawa obat-obatan pribadi.

Meski sebenarnya di tempat wisata juga menyediakan beragam fasilitas kesehatan. Tidak ada salahnya Anda berusaha memproteksi diri lebih ekstra. Karena peralatan kesehatan dan obat-obatan di fasilitas umum bisa saja telah disentuh banyak orang.

Alasan kedua adalah Anda bisa membawa berbagai macam kebutuhan di dalam mobil. Perjalanan ke Bali akan memerlukan waktu cukup panjang. Sehingga kebutuhan saat diperjalanan juga semakin banyak.

Nah, dengan mobil pribadi, maka segala kebutuhan yang diperlukan bisa Anda bawa. Seperti camilan, minuman dan buah-buahan. Untuk mencegah lapar dan bosan di perjalanan. Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa pakaian, bantal leher dan selimut untuk bekal selama perjalanan.

Alasan terakhir adalah Anda bisa memilih tempat untuk singgah yang aman. Karena selama perjalanan ke Bali, pasti Anda akan mampir ke banyak tempat. Baik untuk makan, ke toilet, toko oleh-oleh dan lain sebagainya.

Namun, Anda tidak bisa menghindari fasilitas umum tersebut.  Jadi, sebisa mungkin pilihlah tempat yang tidak terlalu ramai, kebersihannya terjaga dan jangan berlama-lama. Dan yang terpenting tetap memakai masker dan menjaga jarak. Serta selalu mencuci tangan dan memakai hand sanitizer setelahnya.

Tips Berlibur ke Bali saat Pandemi dengan Mobil Sendiri



Setiap perjalanan wisata harus memperhitungkan keamanan dan keselamatan. Apalagi jika Anda ingin berlibur ke Bali di masa pandemi ini. Nah, agar perjalanan wisata ke Bali dengan mobil sendiri tetap aman dari Covid-19, Anda bisa menerapkan tips berikut ini:

1.      Memenuhi Persyaratan yang Ditetapkan Pemerintah Bali

Sebelum Anda berwisata ke Bali, persyaratan perjalanan domestik harus wajib Anda penuhi. Seperti membawa KTP atau identitas diri yang sah, mengisi formulir online pada laman https://cekdiri.baliprov.go.id. Serta menunjukkan QR Code kepada tugas verifikasi.

Kemudian, Anda juga wajib membawa hasil rapid test atau PCR test. Dengan syarat hasil tes negatif (non reaktif). Dan ini berlaku selama 14 hari sejak hasil diterima.

Selanjutnya, Anda harus siap menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Serta mengunduh dan mengaktifkan aplikasi  ‘Peduli Lindungi’ di smartphone. Yang berguna untuk memberikan notifikasi adanya zona merah Covid-19 saat berada di keramaian.

2.      Mencari Informasi tentang Destinasi Wisata

Mencari tahu tentang tempat wisata yang akan dituju sangat penting Anda lakukan sebelum berkunjung ke Bali. Terutama mengenai status dari tempat wisata itu sendiri. Anda harus memastikan daerah yang akan dikunjungi terletak di zona hijau.

Selain itu, Anda juga harus mencari informasi tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19 di tempat wisata. Serta memastikan bahwa destinasi wisata tujuan telah lulus verifikasi standar protokol kesehatannya.

Sehingga keamanan Anda saat di tempat wisata bisa terjamin. Karena fasilitas penunjang terlaksananya protokol kesehatan sudah memadai.

3.      Memeriksa Kondisi Mobil

Kondisi mobil juga tak kalah penting Anda periksa. Terutama  sebelum melakukan perjalanan ke Bali. Karena inilah komponen utama saat Anda ingin wisata ke Bali dengan mobil sendiri.

Cek dengan teliti semua bagian mesin, tekanan ban, air radiator, aki mobil, lampu mobil, kampas rem, AC dan bagian lainnya. Nah, untuk pemeriksaan lebih detil, Anda bisa membawa mobil ke tempat servis mobil saja.

Selain itu, kelengkapan surat-surat mobil juga perlu Anda perhatikan. Seperti SIM dan STNK. Ini untuk mengantisipasi adanya pemeriksaan lalu lintas. Serta jangan lupa melengkapi isi mobil dengan dongkrak, ban cadangan dan alat darurat lainnya untuk berjaga-jaga.

4.      Memeriksa Kesehatan Tubuh

Selain memeriksa kondisi mobil, kondisi tubuh juga perlu Anda periksa kesehatannya. Anda harus memastikan tubuh dalam kondisi fit sebelum melakukan perjalanan wisata ke Bali.

Jika badan Anda dalam kondisi kurang fit, menunda perjalanan akan lebih baik. Karena saat imunitas tubuh menurun, risiko Anda terkena virus semakin tinggi. Serta bisa menghambat dan mengurangi kenyamanan perjalanan Anda.

Selain itu,  Anda juga diharuskan membawa perlengkapan pencegahan Covid-19. Seperti masker, hand sanitizer, tisu basah, tisu kering, face shield dan sarung tangan sekali pakai. Untuk mencegah risiko terpapar virus saat diperjalanan atau di tempat wisata.

5.      Menggunakan Cashless saat di SPBU

Sebelum berangkat wisata ke Bali dengan mobil sendiri, Anda biasanya mengisi  bahan bakar mobil secara penuh. Namun, karena perjalanan yang terlalu jauh, Anda akan mengisi ulang di SPBU tertentu.

Nah, saat melakukan pembayaran dengan petugas SPBU, usahakan untuk membayar dengan cashless. Yaitu,  sistem pembayaran tanpa uang tunai. Bisa menggunakan kartu kredit, kartu debit, e-money dan lain sebagainya.

Selain itu, saat di SPBU, Anda tetap harus memakai masker untuk keamanan. Dan apabila Anda bersentuhan tangan dengan petugas SPBU saat pembayaran dengan uang tunai. Maka, segeralah untuk mencuci tangan atau memakai hand sanitizer.

6.      Membawa Bekal Makanan Sendiri

Tips selanjutnya adalah membawa sejumlah makanan untuk bekal selama perjalanan ke Bali. Untuk mengantisipasi terjadinya kelaparan saat masih jauh dari rumah makan atau restoran.

Selain itu, membawa bekal makanan dari rumah lebih terjamin kebersihannya. Namun, stock makanan yang Anda bawa tentunya tidak bisa bertahan lama. Sehingga mau tidak mau, Anda nantinya harus membeli makanan di restoran tertentu.

Nah, untuk mengatasinya Anda bisa membungkus saja makanan yang Anda beli. Lalu, Anda bisa memakannya di dalam mobil. Atau di tempat tertentu yang tidak terlalu ramai orang.

Itulah ulasan tentang tips wisata ke Bali dengan mobil sendiri saat pandemi Covid-19. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, maka perjalanan wisata ke Bali akan lebih aman dan nyaman. Jadi, kapan mau berwisata ke Bali dengan mobil sendiri?

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon